Fri. Jul 1st, 2022

Bahan dapur dikenal mempunyai manfaat untuk menyembuhkan peradangan dengan cepat. Hal tersebut bisa didapatkan karena bawang putih mempunyai kandungan ekstrak yang dapat membuat penurunan tanpa inflamasi seperti kemerahan pada luka dengan lebih cepat. Selain untuk luka, manfaat bawang putih lainnya juga beragam seperti untuk mencegah pilek, dapat mencegah demensia, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, dan dapat menjaga kesehatan pencernaan. Bagi yang akan menggunakan bawang putih untuk menyembuhkan luka tersebut bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

Siapkan Bawang Putih

Agar dapat membuat luka yang dipunyai lebih cepat sembuh, gunakan langkah yang tepat untuk memanfaatkan bawang putih ini. Langkah pertamanya adalah dengan menyiapkan bawang putih yang dibutuhkan. Siapkan setidaknya 15 siung bawang putih dan cuci terlebih dahulu menggunakan air bersih. Setelah itu baru parut bawang putih agar menjadi lebih halus dan tambahkan beberapa tetes air agar dapat membuatnya menjadi pasta. Banyak bawang putih yang akan digunakan tersebut juga bisa disesuaikan dengan besar luka yang dipunyai. Akan tetapi jangan sampai kebanyakan atau terlalu sedikit yang akan membuat manfaatnya kurang terasa atau bahkan menjadi berlebihan.

Gunakan Kasa Steril

Setelah bawang putih sudah diparut, maka selanjutnya dapat untuk menggunakan kasa steril yang akan ditempelkan ke luka. Siapkan kasa steril yang dan kemudian tiriskan pasta bawang putih yang sudah dibuat sebelumnya. Tempatkan pasta bawang putih tersebut di atasnya dan letakkan kasa pada luka dengan hati-hati. Hal yang harus diperhatikan untuk melakukan hal ini adalah dengan memastikan luka sudah dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu juga penting untuk memastikan kulit tidak mengalami alergi ketika menggunakan bawang putih untuk membantu menyembuhkan luka. Oleh karena itulah sebelum ditempatkan di luka bisa dites di daerah kulit lainnya. Apabila muncul kemerahan pada kulit maka sebaiknya jangan gunakan bawang putih di bagian luka untuk mendapatkan manfaat anti inflamasi yang dipunyai.

Balut Luka

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan setelah memastikan kulit tidak alergi adalah dengan membalutkan luka. Setelah meletakkan kasa pada luka, maka bisa untuk membalut luka agar bisa memberikan manfaat yang terbaik. Ambil kasa tersebut dan gunakan perban agar menjaga bawang putihnya tidak bergerak. Biarkan selama 1 hingga 2 hari dan jangan lupa untuk membersihkan dan menggantinya agar mendapatkan hasil terbaik untuk luka yang dipunyai. Bawang putih mempunyai manfaat dapat untuk melawan infeksi dan dapat menurunkan rasa sakit dengan cepat.

Ganti Kain Kasa

Tips terakhir yang bisa digunakan untuk mengobati luka dengan bawang putih adalah dengan memastikan untuk mengganti kain kasa secara rutin. Kebersihan area luka perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan infeksi dan juga hal yang berbahaya lainnya. Oleh karena itulah setelah 2 hari, bersihkan kasa dan juga cuci menggunakan air bersih. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan pasta bawang putih yang sudah dibuat dan sebaiknya dibuang. Apabila masih ingin menggunakannya maka buat pasta baru dan pastikan menggunakan kasa baru yang bisa mengikuti langkah yang telah disebutkan.

Di atas merupakan langkah mudah untuk mengobati luka menggunakan bawang putih. Bahan bawang putih juga mudah untuk menemukannya karena merupakan bahan yang tersedia di dapur. Bawang putih bisa disiapkan dan selalu ada di dapur karena tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka dengan cepat, tetapi juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Membeli bawang putih sekarang ini juga mudah karena bisa dilakukan secara online yaitu dari TaniHub.