Fri. Jul 1st, 2022

 

Brown sugar atau gula coklat saat ini sudah menjadi salah satu tren yang sudah banyak diketahui. Beberapa makanan atau minuman hits seperti boba, aneka kopi dan the tak jarang menggunakan gula ini sebagai campuran pemanisnya.

Brown sugar tidak hanya enak untuk dinimati tetapi ada banyak sekali nutrisi yang terkandung pada gula ini. Nutrisi ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah kandungan nutrisi pada brown sugar dan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi pada Brown Sugar

  • Molase

Molase merupakan salah satu jenis cairan yang dihasilkan dari sari tebu. Pembuatan brown sugar sendiri dibuat dengan menggunakan gula putih yang ditambahkan molase.

Molase ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Molase selain sebagai zat yang membuat gula berwarna coklat juga memiliki manfaat sebagai zat yang bisa menekan gas berlebih pada perut. Sehingga gula ini bisa mengurangi gejala perut kembung.

  • Kalium dan Mineral

Gula ini juga mengandung kalium lebih tinggi dibandingkan dengan gula putih. Kandungan kalium pada brown sugar ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh terutama untuk para wanita.

Kalium bisa mengurangi efek sakit yang dirasakan pada saat menstruasi atau yang sering disebut dengan keram perut. Mengkonsumsi brown sugar pada saat menstruasi bisa mengurangi gejala-gejala PMS yang membuat perut kurang nyaman yaitu mulai dari ngilu dan keram pada perut.

  • Kalsium dan Fosfor

Mengkonsumsi gula coklat atau brown sugar dalam jumlah dan takaran yang tepat juga bisa memelihara kesehatan tulang Anda. Kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi pada brown sugar sangat baik untuk pemeliharaan tulang, mengurangi radang sendi dan menjaga kesehatan gigi.

  • Zat Besi

Zat besi juga menjadi salah satu nutrisi yang ada pada brown sugar. Zat ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Salah satu manfaat dari zat besi yaitu bisa mempercepat pembentukan hemoglobin serta membantu metabolisme tubuh. Pastikan Anda mengkonsumsi brown sugar dalam jumlah dan takaran yang tepat supaya tetap mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi gula ini.